Sanjaya, Kadek Diego Dwinanda (2025) Pengembangan Buku Panduan Teknik Mindfulness Dalam Kerangka Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Berbasis Virtual Reality (VR) Untuk Mengurangi Kecemasan Ujian Pada Siswa Kelas XII SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111011044-COVER.pdf Download (874kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111011044-ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111011044-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Panduan Teknik Mindfulness dalam Kerangka Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Berbasis Virtual Reality (VR) guna mengurangi kecemasan ujian pada siswa kelas XII di SMAS LAB Undiksha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek uji coba terdiri dari ahli isi, ahli media, ahli praktisi, dan siswa sebagai pengguna panduan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dass-21. Desain penelitian Single Subject Research (SSR) dengan model A-B-A digunakan untuk mengukur efektivitas intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi, dan hasil uji efektivitas dengan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa intervensi secara signifikan menurunkan kecemasan ujian siswa (p < 0,05). Uji kepraktisan dilakukan melalui respon guru BK dan siswa terhadap penggunaan panduan dan media VR, yang menunjukkan bahwa produk mudah digunakan dan bermanfaat dalam praktik bimbingan dan konseling. Kendala yang dihadapi dalam penelitian ini adalah keterbatasan waktu karena siswa kelas XII memasuki masa libur dan persiapan kuliah, serta ketersediaan perangkat VR yang terbatas. Meskipun demikian, buku panduan ini memiliki potensi untuk digunakan sebagai alat bantu intervensi psikologis berbasis teknologi dalam layanan bimbingan konseling di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mindfulness1, CBT1, Virtual Reality1, Buku Panduan4, Kecemasan Ujian5 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Kadek Diego Dwinanda Sanjaya |
Date Deposited: | 20 May 2025 23:33 |
Last Modified: | 20 May 2025 23:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |