Gautami, Ni Luh Putu (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS STUDENT TEAM- ACHIEVEMENT DIVISION MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT MUATAN IPAS KELAS IV SD NO. 3 SANGEH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031415-COVER.pdf Download (808kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031415-ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031415-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031415-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031415-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031415-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031415-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031415-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031415-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media E-LKPD Interaktif Berbasis Student Team-Achievement Division Materi Perubahan Wujud Zat Muatan IPAS Kelas IV SD No. 3 Sangeh., (2) mengetahui kelayakan hasil media E-LKPD Interaktif Berbasis Student Team-Achievement Division Materi Perubahan Wujud Zat Muatan IPAS Kelas IV SD No. 3 Sangeh menurut review para ahli dan uji coba produk, dan (3) mengetahui efektivitas E-LKPD Interaktif Berbasis Student Team Achievement Division dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu (a) analisis, (b) perancangan, (c) pengembangan, (d) implementasi, dan (e) evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan tes, dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rancang bangun E-LKPD Interaktif Berbasis Student Team Achievement Division dikembangkan sesuai dengan model ADDIE, (2) E-LKPD Interaktif Berbasis Student Team Achievement Division dinilai oleh ahli rancang bangun dengan rata-rata skor 84,0%, ahli isi mata pelajaran dengan rata-rata skor 96.4%, ahli desain dengan rata-rata skor 95%, ahli media dengan rata-rata skor 93,7%, serta uji perorangan skor 97,9% dan kelompok kecil dengan rata-rata skor 94,4% yang semuanya termasuk dalam kategori sangat layak, dan (3) efektivitas E-LKPD Interaktif berbasis STAD berdasarkan uji-t satu sampel menunjukkan nilai signifikansi yakni thitung > ttabel (1,899 > 1.782) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka terdapat peningkatan pemahaman siswa secara signifikan setelah menggunakan E-LKPD interaktif berbasis STAD dalam pembelajaran IPAS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: E-LKPD interaktif, STAD, perubahan wujud zat, IPAS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Gautami |
Date Deposited: | 21 May 2025 08:21 |
Last Modified: | 21 May 2025 08:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |