MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BALANCE LEARNING (BRALANCING) TERHADAP LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV GUGUS VI KECAMATAN BULELENG

Utami, Ni Ketut Desi Prasetya (2025) MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BALANCE LEARNING (BRALANCING) TERHADAP LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV GUGUS VI KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031393-COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031393-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031393-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031393-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031393-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031393-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031393-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031393-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031393-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh literasi budaya dan kewargaan siswa berbantuan model Brain Balance Learning (Bralancing) dengan siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Adapun sekolah yang dijadikan sampel yaitu SDN 4 Kampung Baru sebagai kelompok eksperimen dan SDN 5 Kampung Baru sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner literasi budaya dan kewargaan yang terdiri dari 20 butir pernyataan. Prosedur penelitian terdiri dari 3 tahapan, yaitu persiapan eksperimen, pelaksanaan eksperimen dan akhir eksperimen. Teknik analisis data menggunakan Uji-T, namun sebelum itu harus memenuhi uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan kolmogorof smirnof, dan uji homogenitas menggunakan Uji Fisher. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang ditunjukkan pada perlakuan yang diterapkan di kelompok eksperimen memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan tidak diberikan perlakuan pada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Brain Balance Learning (Bralancing), literasi budaya dan kewargaan, pendidikan pancasila.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Desi Prasetya Utami
Date Deposited: 22 May 2025 01:28
Last Modified: 22 May 2025 01:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24204

Actions (login required)

View Item View Item