Pengembangan Media Virtual Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Muatan Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas IV SD 1 Sading

Berliani, Ni Nyoman Purwita (2025) Pengembangan Media Virtual Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Muatan Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas IV SD 1 Sading. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (Cover)
2111031123-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031123-ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 1. PENDAHULUAN)
2111031123-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB 2. KAJIAN TEORI)
2111031123-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3. METODOLOGI PENELITIAN)
2111031123-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4. HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031123-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5. PENUTUP)
2111031123-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031123-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031123-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang tepat membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Oleh karena itu pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran virtual berbasis PBL pada muatan matematika materi volume bangun ruang pada kelas IV. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui rancang bangun dari media pembelajaran virtual berbasis PBL, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran virtual berbasis PBL, 3.) Mengetahui keefektifan media pembelajaran virtual berbasis PBLMetode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran virtual berbasis PBL merupakan sebuah media pembelajaran digital yang dapat diakses dengan aplikasi PowerPoint yang memuat mengenai materi volume bangun ruang lengkap dengan permasalahan dan soal latihan, (2) kelayakan media pembelajaran berbasis PBL berdasarkan hasil uji materi pembelajaran memperoleh skor 92,5%, hasil uji desain instruksional memperoleh skor 87,5%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 91,67%, uji perorangan memperoleh skor 90,83%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 91,67% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung 5,28 t-tabel 1,73 pada taraf signifikansi 5% untuk db 19 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu H1 memuat keputusan nilai post-test lebih dari KKTP yang menunjukan bahwa terdapat perubahan signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah penggunaan media pembelajaran virtual berbasis PBL. Dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran virtual berbasis PBL layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada muatan Matematika materi volume bangun ruang. Kata Kunci: ADDIE, Media Pembelajaran Virtual, PBL, ADDIE, Volume Bangun Ruang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: ADDIE, Media Pembelajaran Virtual, PBL, ADDIE, Volume Bangun Ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Purwita Berliani
Date Deposited: 26 May 2025 01:24
Last Modified: 26 May 2025 01:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24213

Actions (login required)

View Item View Item