INDRAYUNI, NI KADEK AYU (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA PADA MATERI TEKS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031283-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031283-ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031283-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031283-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031283-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031283-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031283-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031283-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031283-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi membaca peserta didik dan kurangnya ketersediaan media pembelajaran interaktif sebagai salah satu media penunjang pembelajaran untuk kebutuhan peserta didik di kelas V SD Negeri 1 Nawa Kerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, mengetahui kelayakan, mengetahui kepraktisan serta mengetahui efektifitas dari media pembelajaran multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi baca pada materi teks narasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Adapun metode pengumpulan data terdiri dari metode wawancara, angket/kuesioner dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket/kuesioner dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi baca pada materi teks narasi siswa kelas V Sekolah Dasar, (2) hasil penilaian kelayakan menurut ahli materi adalah 3,92 sedangkan untuk ahli media 3,86 yang mana menunjukkan kualifikasi sangat layak, (3) hasil kepraktisan melalui uji coba perorangan sebesar 4,00 dan uji kelompok kecil 4,00 dengan kualifikasi sangat praktis, (4) hasil efektifitas produk melalui hasil efektifitas produk melalui uji-t menunjukkan nilai signifikansi two side p atau p-value sebesar 0,001 yang artinya nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05. Sehingga media pembelajaran multimedia interaktif efektif diterapkan untuk meningkatkan literasi baca pada materi teks narasi siswa kelas V Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Literasi Baca |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ayu Indrayuni |
Date Deposited: | 23 May 2025 01:33 |
Last Modified: | 23 May 2025 01:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |