Parameswari, Putu Divya Yura (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031032-COVER.pdf Download (815kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031032-ABSTRAK.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (945kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031032-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun E-LKPD berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran IPAS materi Kekayaan Budaya Indonesia kelas IV di Sekolah Dasar, (2) mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran IPAS materi Kekayaan Budaya Indonesia ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil siswa kelas IV di Sekolah Dasar, serta (3) mengetahui efektivitas E-LKPD berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran IPAS materi Kekayaan Budaya Indonesia kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket dan tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial (uji-t). Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun E-LKPD berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 92,5%, (2) E-LKPD ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 93,18%, penilaian ahli desain instruksional sebesar 85%, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 90%, hasil uji coba peorangan sebesar 90%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,38%, (3) berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung sebesar 20,239 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = (30-1) = 29 diperoleh nilai ttabel 2,045. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (20,239> 2,045) sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis project based learning efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran materi kekayaan budaya Indonesia pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, E-LKPD, Project Based Learning, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Divya Yura Parameswari |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:09 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |