PENGEMBANGAN KOMIK ELEKTRONIK BERBASIS KARAKTER PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022

Januraga, I Komang Anom (2025) PENGEMBANGAN KOMIK ELEKTRONIK BERBASIS KARAKTER PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021010-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021010-ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1811021010-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021010-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di abad-21 yang pesat ini berpengaruh di semua sektor, termasuk sektor pendidikan. Namun penggunaan media dalam pembelajaran daring masih sangat jarang di sekolah terutama di tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik elektronik berbasis karakter pada mata pelajaran informatika siswa SMP kelas VII. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian meliputi; proses pengembangan komik elektronik yang terdiri dari lima tahapan, antara lain tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; hasil uji validasi yang dilakukan oleh para ahli dan subjek uji coba produk menunjukan bahwa komik elektronik berbasis karakter valid berdasarkan: (a) hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 93,5%, (b) hasil uji ahli desain pembelajaran sebesar 98%, (c) hasil uji ahli media pembelajaran sebesar 94%, (d) hasil uji coba perorangan sebesar 92,67%, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 95,78% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. Disimpulkan bahwa komik elektronik berbasis karakter yaitu media ini layak dan valid untuk digunakan dalam mata pelajaran informatika kelas VII pada topik etika dalam bermedia sosial dan menyaring hoaks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komik elektronik, karakter, informatika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I Komang Anom Januraga
Date Deposited: 28 May 2025 01:35
Last Modified: 28 May 2025 01:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24265

Actions (login required)

View Item View Item