Bau, Febrianus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TKRO SMK NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1815071032-COVER.pdf Download (900kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1815071032-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815071032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815071032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815071032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815071032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815071032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815071032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1815071032-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif siswa untuk membantu proses siswa lebih paham dengan mata pelajaran kelistrikan dasar otomotif. Ada tiga aspek yang dikaji yaitu proses pengembangan, tingkat kelayakan, serta tingkat kepraktisan dari multimedia pembelajaran berbasis Canva pada mata pelajaran Dasar-dasar Otomotif, sub pokok Dasar Elektronika Otomotif untuk siswa TKRO di SMK N Bali Mandara. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Jurusan TKRO di SMK N Bali Mandara dengan melibatkan 28 siswa, yaitu 10 orang kelompok kecil, dan 18 orang kelompok besar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four D (4D). Untuk tingkat kelayakan, media pembelajaran interaktif berbasis Canva dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian oleh ahli materi dengan persentase sebesar 88,46% dan ahli media dengan persentase sebesar 92,63%. Hal ini menunjukkan bahwa media tersebut memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran. Tingkat kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Canva dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil uji coba pada kelompok kecil dengan persentase sebesar 91,16% dan pada kelompok besar dengan persentase sebesar 92,66%. Ini menunjukkan bahwa media ini mudah diimplementasikan dan efektif dalam mendukung pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Canva, Dasar Otomotif, Four-D, SMK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Muhammad Salvatore |
Date Deposited: | 27 May 2025 03:46 |
Last Modified: | 27 May 2025 03:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |