PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE AUGMENTED REALITY BERBASIS CODING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP GOTONG ROYONG PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Sari, Ni Made Ayu Liyoga (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE AUGMENTED REALITY BERBASIS CODING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP GOTONG ROYONG PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031258-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031258-ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031258-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (476kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031258-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031258-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031258-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031258-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031258-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031258-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kajian terlatar belakangi rendahnya sikap gotong royong yang merupakan bagian dari profil pelajar Pancasila dan kemampuan berpikir komputasional (computational thinking) peserta didik di tingkat sekolah dasar, serta belum optimalnya penggunaan media pembelajaran inovatif, sehingga dilakukan pengembangan media puzzle Augmented Reality berbasis coding melalui model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan sistematis, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, dengan subjek berupa media interaktif tersebut dan objek penelitian mencakup Kevalidasian isi prodsk serta prangkat, tanggapan pemakai, serta pengefektipan penggunaannya, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui percakapan, pengamatan awal, serta lembaran dengan alat berupa pedoman observasi, lembar penilaian, pedoman wawancara, serta angket, serta luaran studi membuktikan bahwasanya media yang dikembangkan mendapat skor keabsahan isi media senilai 0,8917 dan kevalidan konten materi sebesar 0,9625, keduanya termasuk dalam kategori sangat tinggi, tanggapan murid menunjukkan ketercapaian sebanyak 95% dengan klasifikasi sangat tinggi, dan hasil uji-t berpasangan memperoleh nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa media ini efektif digunakan untuk meningkatkan sikap gotong royong dan kemampuan berpikir komputasional dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Puzzle, Computational thinking, Gotong royong
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Ayu Liyoga Sari
Date Deposited: 27 May 2025 05:47
Last Modified: 27 May 2025 05:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24308

Actions (login required)

View Item View Item