Wiratama, Komang Adi Pradana (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA SEJARAH PAHLAWAN MONUMEN PERANG JAGARAGA BERBASIS MOBILE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1915051061-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1915051061-ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1915051061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051061-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051061-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1915051061-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan produk aplikasi dengan penekanan pada sejarah pahlawan yang terdapat dalam Monumen Perang Jagaraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang memperkenalkan sejarah tokoh pahlawan yang terdapat pada Monumen Perang Jagaraga dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Aplikasi ini akan menampilkan animasi objek tiga dimensi yang mampu memvisualisasikan peristiwa bersejarah yang melibatkan para pahlawan dari Monumen Perang Jagaraga, serta dilengkapi dengan penjelasan dalam bentuk teks deskripsi dan narasi audio. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang meliputi tahapan 1) concept, 2) design, 3) material collecting, 4) assembly, 5) testing, 6) distribution. Beberapa tahapan pengujian telah dilakukan guna menjamin kualitas dari aplikasi Augmented Reality pengenalan sejarah pahlawan pada Monumen Perang Jagaraga. Beberapa pengujian tersebut diantaranya uji ahli isi dan uji ahli media yang memperoleh hasil persentase kelayakan 100% serta uji respon pengguna yang dilakukan kepada 35 orang responden masyarakat umum atau pengunjung Monumen Perang Jagaraga yang memperoleh hasil persentase sebesar 90,4% dengan kualifikasi sangat positif dan kriteria sangat baik. Dengan perolehan hasil yang positif tersebut, pengembangan aplikasi Augmented Reality Jagaraga ini telah dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran serta pengetahuan masyarakat khususnya generasi muda terhadap sejarah para tokoh pahlawan pada Monumen Perang Jagaraga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Augmented Reality, Monumen Perang Jagaraga, Sejarah Pahlawan, MDLC |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Ilmu Komputer (S1) |
Depositing User: | Komang Adi Pradana Wiratama |
Date Deposited: | 27 May 2025 09:02 |
Last Modified: | 27 May 2025 09:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |