PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS LITERASI DALAM MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BLAHKIUH TAHUN AJARAN 2024/2025

Damayanti, Ni Kadek Okik (2025) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS LITERASI DALAM MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BLAHKIUH TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031420-COVER.pdf

Download (766kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031420-ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031420-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031420-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031420-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031420-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031420-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031420-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031420-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun komik digital berbasis literasi dalam materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Blahkiuh Tahun Ajaran 2024/2025, (2) mengetahui kelayakan komik digital berbasis literasi berdasarkan penilaian para ahli, dan (3) mengetahui efektivitas komik digital berbasis literasi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu (a) analisis, (b) perancangan, (c) pengembangan, (d) implementasi, dan (e) evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan tes, dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rancang bangun komik digital berbasis literasi dikembangkan sesuai dengan model ADDIE, (2) kelayakan komik digital berbasis literasi dinilai oleh ahli rancang bangun dengan rata-rata skor 92,5%, ahli isi mata pelajaran dengan rata-rata skor 91.23%, ahli desain dengan rata-rata skor 92,5%, ahli media dengan rata-rata skor 92,5%, serta uji perorangan dan kelompok kecil dengan rata-rata skor 100% yang semuanya termasuk dalam kategori sangat layak, dan (3) efektivitas komik digital berbasis literasi berdasarkan uji-t satu sampel menunjukkan nilai signifikansi yakni thitung > ttabel (4.28 > 1.72), maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka terdapat peningkatan pemahaman siswa secara signifikan setelah menggunakan komik digital berbasis literasi dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: komik digital, literasi, keragaman suku bangsa dan budaya, IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Okik Damayanti
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:48
Last Modified: 05 Jun 2025 03:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24381

Actions (login required)

View Item View Item