Kusuma, I Nyoman Rama Adi (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Teknik Dasar Roll Depan Kepada Peserta Didik Kelas IV Di SD Negeri 4 Selat. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011086-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011086-ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011086-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011086-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011086-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011086-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011086-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011086-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011086-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK melalui senam lantai teknik dasar roll depan di SD Negeri 4 Selat dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri 4 Selat yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 8 putra dan 9 putri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembaran tes kognitif dan dokumentasi pelaksanaan kegiatan. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan dengan 2 siklus, hasil siklus I dalam aspek pengetahuan peserta didik mendapat kategori tuntas sebesar 7 orang peserta didik (41%) dan pada aspek keterampilan peserta didik mendapat kategori tuntas sebesar 5 orang peserta didik (29%) setelah diberikan siklus II hasil pada aspek penegtahuan peserta didik mendapatkan kategori tuntas sebesar 15 orang pesert didik (88%) sedangkan pada aspek keterampilan peserta didik mendapat kategori tuntas sebesar 14 orang peserta didik (82%). Berdasarkan hasil diatas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar kepada peserta didik kelas IV di SD Negeri 4 Selat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK mengenai senam lantai teknik dasar roll depan dengan cara menggunakan model pembelajaran problem based learning karena dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat menambah wawasan peserta didik dalam berpikir kritis untuk menyelesaikan setiap permasalahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Senam lantai |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I NYOMAN RAMA ADI KUSUMA |
Date Deposited: | 27 Jun 2025 15:31 |
Last Modified: | 27 Jun 2025 15:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |