Ifanisari, Riavi Nola (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PENEBEL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114031001-COVER.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114031001-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114031001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114031001-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan YouTube dalam pembelajaran geografi, (2) pengaruh penerapan model tersebut terhadap motivasi belajar siswa, dan (3) pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Penebel dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu (Quasi Experimental Design), jenis NonEquivalent Control Group Design. Pemilihan sampel kelas dilakukan secara acak sederhana dari pasangan kelas yang setara, dan terpilih kelas X2 sebagai kelas eksperimen (E) dan kelas X4 sebagai kelas kontrol (K). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, survei, tes, dokumentasi, dan pencatatan dokumen. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan analisis inferensial dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) model PBL berbantuan YouTube dapat diterapkan dengan sangat baik dalam pembelajaran geografi, (2) penerapan model tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, dan (3) penerapan model juga berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Temuan ini mendukung teori konstruktivisme dalam pembelajaran yang menekankan peran aktif siswa dalam membangun pengetahuan melalui pengalaman belajar yang autentik dan interaktif. Berdasarkan hasil tersebut, model PBL berbantuan YouTube layak dijadikan alternatif model pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di tingkat SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi dan hasil belajar, PBL YouTube, pembelajaran geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Riavi Nola Ifanisari |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:26 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |