Purba, Irne Sri Krishe (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041019-COVER.pdf Download (970kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041019-ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041019-LAMPIRAN.pdf Download (708kB) |
Abstract
Beberapa tujuan dalam penelitian ini adalah agar dapat menguraikan pelaksanaan P5 di SMPN 3 Banjar terkhusunya untuk siswa kelas VIII dalam membentuk karakter religius dan mandiri. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai kendala yang muncul selama pelaksanaan serta kebutuhan yang harus dipenuhi guna mendukung keberhasilan implementasi P5 di sekolah tersebut. Pendekatan kualitatif dengan studi mendalam terhadap berbagai kasus relevan dilakukan guna mengungkap makna dari proses yang berlangsung. Deskripsi terhadap fenomena ini diwujudkan dalam bentuk narasi lisan maupun tulisan yang menggambarkan realitas yang dialami oleh partisipan penelitian. Pelaksanaan P5 di SMP Negeri 3 Banjar dilaksanakan melalui tiga tahapan inti, yakni perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi hasil. Beberapa tantangan yang ditemui dalam penerapannya meliputi pengelolaan waktu yang kurang optimal, ketidakhadiran sebagian tenaga pendidik, serta rendahnya pemahaman siswa dalam pemanfaatan gawai selama kegiatan berlangsung. Untuk menunjang keberhasilan program, sejumlah perlengkapan dan media pendukung seperti bahan presentasi, lembar asesmen awal, rekaman video, bilik suara, kartu pemungutan suara, hingga pengaturan waktu yang efektif sangat diperlukan. Modul pembelajaran dan mekanisme evaluasi pun menjadi elemen krusial dalam pelaksanaan P5. Melalui tema Suaranya Demokrasi, siswa dilatih membangun karakter mandiri dengan terlibat secara langsung dalam proses pemilihan ketua OSIS. Dalam proses ini, mereka memperoleh pengalaman dalam menyampaikan gagasan, mengajukan sanggahan, serta memilih pemimpin dengan prinsip Luberjurdil. Adapun tema Bangunlah Jiwa Raganya difokuskan pada penanaman nilai religius melalui pengenalan terhadap pentingnya kesehatan jasmani dan rohani, penghormatan terhadap tubuh sebagai ciptaan Tuhan, serta penolakan terhadap tindakan perundungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | P5, suaranya demokrasi, bangunlah jiwa raganya, karakter religius dan mandiri |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Irne Sri Krishe Purba |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:29 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |