Sitopu, Elsa Teresia (2025) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041026-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041026-ABSTRAK.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041026-LAMPIRAN.pdf Download (752kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis Quizizz pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, dengan indikator keberhasilan ditetapkan pada minimal 80% siswa mencapai nilai di atas 73. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya media pembelajaran berbasis internet, yaitu Quizizz. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 66,67 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 66,67%. Selanjutnya, pada siklus II , rata-rata nilai meningkat menjadi 81,45 dengan persentase ketuntasan belajar yang mencapai 80,56%. Dengan demikian, terdapat peningkatan skor kemampuan siswa sebesar 13,89 poin dari siklus pertama ke siklus kedua dalam mata pelajaran pendidikan pancasila, dengan kenaikan persentase ketuntasan belajar sebesar 13,89%. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar maupun aktifitas belajar siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet guna menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian tindakan kelas, Quizizz. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | ELSA TERESIA SITOPU |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:48 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |