Pelawi, Anastasya Dilla Tebina Br (2025) PENGARUH KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SEKOLAH PENGGERAK SMP N 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111011033-COVER.pdf Download (779kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111011033-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111011033-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh konseling kognitif behavioral dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII sekolah penggerak SMP Negeri 1 Seririt. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pre test post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sekolah penggerak SMP Negeri 1 Seririt. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan uji non parametrik dengan menerapkan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, konseling kognitif behavioral dengan teknik role playing efektif atau berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII Sekolah penggerak SMP Negeri 1 Seririt dengan hasil p < a = 0,042 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konseling kognitif behavioral dengan teknik role playing yang signifikan terhadap peningkatan kepercayaan diri pada siswa. Penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan refrensi bagi peneliti berikutnya untuk menerapkan pendekatan serupa dengan teknik yang berbeda atau untuk mengeksplorasi variabel psikologis lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan diri1, konseling2 kognitif behavioral3, role playing4 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Anastasya Dilla Tebina Br Pelawi |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:09 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |