PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI SEBAGAI MEDIA EDUKASI CYBERBULLYING DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR

Meliyanti, Ni Komang (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI SEBAGAI MEDIA EDUKASI CYBERBULLYING DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115051007-COVER.pdf

Download (970kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115051007-ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2115051007-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051007- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115051007-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tindakan cyberbullying telah banyak ditemukan di kalangan siswa sekolah dasar (SD) usia 10 hingga 12 tahun. Hal ini disebabkan oleh tingginya penggunaan media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan TikTok oleh anak-anak, meskipun secara usia belum diperbolehkan. Data dari SDN 6 Melaya juga menunjukkan bahwa 63,6% siswa pernah merasa tidak nyaman atau sedih akibat pesan yang diterima di media sosial. Fakta ini menegaskan pentingnya edukasi dini mengenai bahaya cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi 3D sebagai media edukasi cyberbullying di kalangan siswa sekolah dasar, dengan memberikan edukasi kepada siswa, guru, dan orang tua mengenai dampak buruk penggunaan media sosial sejak dini yang memicu perilaku cyberbullying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan yaitu pengonsepan, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan pendistribusian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa usia 10 hingga 12 tahun, guru, dan orang tua siswa di SDN 6 Melaya. Hasil uji ahli isi dan media menunjukkan bahwa video animasi ini memiliki tingkat validitas sangat tinggi dengan koefisien 1,00. Uji respon pengguna menunjukkan sebanyak 24,6% responden menjawab setuju dan 75,4% responden menjawab sangat setuju sehingga dikategorikan ‘paham’ terhadap edukasi dalam video. Dengan demikian, video animasi 3 dimensi ini dinilai layak dan diterima dengan sangat positif oleh siswa, guru, dan orang tua sebagai media untuk meningkatkan pemahaman terhadap bahaya penggunaan media sosial sejak dini yang memicu perilaku cyberbullying. Kata Kunci: Video animasi 3D, cyberbullying, edukasi dini, MDLC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video animasi 3D, cyberbullying, edukasi dini, MDLC
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Komang Meliyanti
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:41
Last Modified: 20 Jun 2025 02:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24541

Actions (login required)

View Item View Item