EFEKTIVITAS TEORI KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINGARAJA

WIDAYANTI, A.A MELLA (2025) EFEKTIVITAS TEORI KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111011040-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111011040-ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (459kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111011040-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan pemusatan pikiran dan tindakan pada objek yang dipelajari dengan mengabaikan hal-hal yang tidak relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan konseling behavioral dengan teknik relaksasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen dengan model rancangan Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design, melibatkan dua kelompok (eksperimen dan kontrol) yang tidak dipilih secara acak dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Masing- masing kelompok terdiri dari enam siswa. Analisis data menggunakan uji t Independent Samples t-Test melalui SPSS 26.0 for Windows. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Independent Samples t-Test dengan SPSS 26. Hasilnya menunjukkan teknik relaksasi efektif meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi belajar, konseling behavioral, teknik relaksasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Anak Agung Mella Widayanti
Date Deposited: 07 Jul 2025 23:37
Last Modified: 07 Jul 2025 23:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24551

Actions (login required)

View Item View Item