WIDAYANTI, A.A MELLA (2025) EFEKTIVITAS TEORI KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111011040-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111011040-ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111011040-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Konsentrasi belajar merupakan pemusatan pikiran dan tindakan pada objek yang dipelajari dengan mengabaikan hal-hal yang tidak relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan konseling behavioral dengan teknik relaksasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen dengan model rancangan Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design, melibatkan dua kelompok (eksperimen dan kontrol) yang tidak dipilih secara acak dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Masing- masing kelompok terdiri dari enam siswa. Analisis data menggunakan uji t Independent Samples t-Test melalui SPSS 26.0 for Windows. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Independent Samples t-Test dengan SPSS 26. Hasilnya menunjukkan teknik relaksasi efektif meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsentrasi belajar, konseling behavioral, teknik relaksasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Mella Widayanti |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 23:37 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 23:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |