Putri, Luh Putu Candra Noviana (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MUATAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031301-COVER.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031301-ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031301-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031301-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031301-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031301-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031301-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031301-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031301-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan ketersediaan e-LKPD sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, serta rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD Negeri 1 Padangbulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari e-LKPD dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dan tes esai. Sementara keefektifan e-LKPD diukur menggunakan desain one group pre-test post-test dengan melibatkan 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun e-LKPD dengan pendekatan STEM muatan IPA materi cahaya dan sifatnya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V, (2) hasil validasi memperoleh skor sebesar 95% dari ahli materi dan 98,75% dari ahli media, yang tergolong dalam kualifikasi sangat valid, (3) kepraktisan e-LKPD berdasarkan hasil uji coba perorangan sebesar 99,16% dan uji kelompok kecil sebesar 94,16%, keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis, dan (4) hasil uji keefektifan menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p lebih kecil 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test setelah penggunaan e-LKPD. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD dengan pendekatan STEM ini valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V, khususnya pada materi cahaya dan sifatnya di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Pendekatan STEM, Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Candra Noviana Putri |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:36 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |