Analisis Pengaruh Gamification Terhadap User Experience Pada Aplikasi Shopee

Putra, I Kadek Permana (2025) Analisis Pengaruh Gamification Terhadap User Experience Pada Aplikasi Shopee. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815091022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815091022-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815091022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815091022-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815091022-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerapan gamifikasi pada platform e-commerce, memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pengguna. Akan tetapi, sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa pengaruh gamifikasi terhadap User Experience (UX) dapat beragam, di mana elemen-elemen gamifikasi terkadang hanya memberikan dampak jangka pendek atau bahkan tidak signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana gamifikasi memengaruhi persepsi User Experience (UX) pengguna pada fitur Shopee Games di Indonesia. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Data dikumpulkan dengan menyebarkan survei kepada para pengguna Shopee Games. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa gamifikasi dan pengalaman pengguna (UX) memiliki hubungan yang signifikan, dibuktikan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,755 yang mengindikasikan kekuatan hubungan yang kuat. Gamifikasi terbukti menjadi faktor penjelas yang kuat untuk Pengalaman Pengguna (UX), dengan 57,1% variasi UX dapat diatribusikan padanya, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai R Square 0,571. Temuan ini didukung oleh hasil uji ANOVA yang signifikan secara statistik (nilai signifikansi < 0,001), menegaskan validitas model regresi dan adanya pengaruh signifikan gamifikasi terhadap UX. Penting juga untuk dicatat bahwa analisis lebih lanjut mengkonfirmasi tidak adanya masalah heteroskedastisitas, memastikan kepatuhan terhadap asumsi-asumsi klasik regresi. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa implementasi elemen-elemen gamifikasi secara efektif meningkatkan persepsi pengguna terhadap pengalaman mereka dalam menggunakan aplikasi Shopee. Temuan ini memberikan rekomendasi kepada perusahaan e-commerce untuk lebih mengoptimalkan strategi gamifikasi dalam rangka meningkatkan keterlibatan pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gamification, User Experience, Shopee Games, Regresi Linear Sederhana, E-commerce
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: I Kadek Permana Putra
Date Deposited: 24 Jun 2025 00:48
Last Modified: 24 Jun 2025 00:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24685

Actions (login required)

View Item View Item