Andani, Ni Ketut Fery Nara (2025) PENGEMBANGAN MEDIA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV SD NEGERI 2 LEBIH TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031292-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031292-ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031292-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031292-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031292-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031292-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031292-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031292-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031292-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun LKPD Interaktif, (2) mengetahui kelayakan (3) mengetahui efektivitas media LKPD interaktif berbasis project based learning mata pelajaran matematika materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes objektif pilihan ganda, dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif serta statistika inferensial. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun media LKPD interaktif berbentuk media digital yang memuat komponen seperti, halaman sampul, profil pengembang, prakata, daftar isi, petunjuk penggunaan, CP dan TP, materi bangun ruang berbasis project based learning yang disajikan dalam bentuk digital, dan halaman akhir yang dapat diakses secara fleksibel dengan perolehan nilai ahli rancang bangun 95% (sangat baik), (2) Hasil uji kelayakan produk LKPD interaktif terbukti layak berdasarkan: uji ahli isi /materi pelajaran sebesar 95,8% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 95% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 92,5% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 93,5% (sangat baik), serta uji coba kelompok kecil sebesar 94,4% (sangat baik); (3) Hasil uji efektivitas e-komik dianalisis menggunakan teknik statistika inferensial (uji-t) memperoleh hasil rata-rata post-test (90,71) > nilai KKTP (86), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil post-test setelah menggunakan media LKPD interaktif berbasis project based learning dengan nilai KKTP. Setelah dilakukan perhitungan manual mengunakan uji-t didapatkan hasil yang menunjukkan nilai thitung (3,615) > ttabel (1,725) pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan dk = 21. Dengan demikian disimpulkan bahwa media pembelajaran LKPD interaktif mata pelajaran matematika berbasis project based learning efektif diterapkan pada materi mengidentifikasi sudut siswa kelas IV SD Negeri 2 Lebih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD interaktif, matematika, project based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Fery Nara Andani |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:33 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |