PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS IV SD N 4 BONGKASA

Rahayu, Gusti Ayu Dian Putri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS IV SD N 4 BONGKASA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031093-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031093-ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031093-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031093-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031093-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun e-comic, (2) mengetahui kelayakan (3) mengetahui efektivitas media e-comic berbasis problem solving pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner, tes objektif (pilihan ganda), dan Teknik analisis data deskriptif kuantitatif serta statistika inferensial. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun media e-comic berbentuk media digital yang memuat komponen yaitu, kompetensi (Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran), materi (Pengertian pecahan, pecahan senilai,pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan decimal, persen, dan mengubah bentuk pecahan), contoh soal, dan profil pengembang, dengan perolehan nilai ahli rancang bangun 92,5% (sangat baik), (2) Hasil uji kelayakan produk e-comic terbukti layak berdasarkan: uji ahli isi /materi pelajaran sebesar 92% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 92,5% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 92,5% (kategori sangat baik), serta uji coba kelompok kecil sebesar 93,6% (sangat baik); (3) Hasil uji efektivitas e-comic dianalisis menggunakan teknik statistika inferensial (uji-t) memperoleh hasil rata-rata post-test (90,71) > nilai BSKAP (86), sehingga H0 ditolak dan H1 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil post-test setelah menggunakan media e-comic berbasis problem solving dengan nilai BSKAP. Setelah dilakukan perhitungan manual mengunakan uji-t didapatkan hasil yang menunjukkan nilai thitung (3,022) > ttabel (1,770) pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan dk = 13. Dengan demikian disimpulkan bahwa e-comic berbasis problem solving efektif diterapkan pada materi pecahan siswa kelas IV SD N 4 Bongkasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: E-Comic, Problem Solving, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Dian Putri Rahayu
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:13
Last Modified: 24 Jun 2025 02:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24743

Actions (login required)

View Item View Item