Analisi Perbandinga Pengunaan ECU Racing Dengan ECU Standar Pada Motor Honda Beat Terhadap Performa Dan Konsumsi Bahan Bakar

Budiantara Putra, I Made Jelantik (2025) Analisi Perbandinga Pengunaan ECU Racing Dengan ECU Standar Pada Motor Honda Beat Terhadap Performa Dan Konsumsi Bahan Bakar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015071011_COVER.pdf

Download (461kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015071011_(ABSTRAK).pdf

Download (410kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015071011-BAB 1PENDAHULUAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015071011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2015071011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHSAN)
2015071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN)
2015071011- BAB 5 KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015071011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015071011_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sepeda motor merupakan alat transportasi serbaguna yang telah mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat cepat dalam industri otomotif. Sepeda motor memiliki berbagai keuntungan, di antaranya kemampuannya melewati jalan sempit, tidak memerlukan area parkir yang besar, serta lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Standar ECU mesin Honda Beat FI dan ESP biasanya handal dan dirancang agar awet, dengan umur yang dapat mencapai lebih dari tujuh tahun jika dirawat dengan baik. Namun, seiring berjalannya waktu, performa ECU mungkin menurun karena usia dan kondisi pemakaian. ECU balap yang biasa digunakan adalah ECU Juken 5+, yang bisa diprogram sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan ECU ini, pengguna bisa mengubah kembali tabel memori ECU untuk menyesuaikan waktu injeksi dan pengapian sesuai dengan modifikasi yang dilakukan. Pemanfaatan ECU balap bertujuan untuk meningkatkan kinerja mesin sepeda motor, Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk membandingkan kinerja ECU standar dan ECU racing, dengan fokus pada perbedaan torsi, daya, serta efisiensi konsumsi bahan bakar. Pengulangan pengambilan data pada setiap variabel di lakukan sebanyak 10 kali pada putaran mesin 2500 – 3500 rpm. Hasil Terdapat perbandingan antara variasi terhadap torsi mesin dari rpm 2000-3500 menghasilkan torsi rata-rata ECU Racing (19,91), ECU Standar (18,83), ECU Racing menghasilkan torsi selisih lebih tinggi sekitar 1,08%. Terdapat perbandingan antara variasi terhadap daya mesin dari rpm 2000-3500 daya rata-rata ECU Racing (5,91), ECU Standar (5,54), Penggunaan ECU Racing menghasilkan peningkatan selisih daya sebesar 0,37% .Terdapat perbandingan antara konsumsi bahan bakar dimana dari rpm 2000-3500 konsumsi bahan bakar rata-rata ECU Racing (0,422), ECU Standar (0,363), ECU Racing memiliki selisih konsumsi bahan bakar 0,059 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ecu Racing Juken 5+, Peforma kendaraan, Kosumsi bahan bakar
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I MADE JELANTIK BUDIANTARA PUTRA
Date Deposited: 24 Jun 2025 05:44
Last Modified: 24 Jun 2025 05:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24757

Actions (login required)

View Item View Item