Yuli, Ni Kadek (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031267-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031267-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031267-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031267-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031267-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031267-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031267-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031267-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031267-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran Fun Thinkers Book pada muatan IPAS siswa kelas III SD, (2) untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran Fun Thinkers Book pada muatan IPAS kelas III SD, (3) untuk mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran Fun Thinkers Book berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas III SD, (4) untuk mendeskripisikan efektivitas media pembelajaran Fun Thinkers Book pada muatan IPAS kelas III SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: (1) Analis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 4 orang ahli, 1 praktisi dan 1 rombel siswa kelas III SD Negeri 1 Penarukan yang berjumlah 25 siswa, sedangkan objek penelitian ini yaitu media pembelajaran Fun Thinkers Book pada muatan IPAS materi mengenal siklus pada makhluk hidup kelas III SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan produk media pembelajaran berupa Fun Thinkers Book pada muatan IPAS materi mengenal siklus pada makhluk hidup siswa kelas III SD, (2) media pembelajaran Fun Thinkers Book memperoleh validitas yang sangat baik dengan tingkat pencapaian 98,33% oleh ahli materi dan 95,83% dari ahli media, (3) memperoleh tingkat kepraktisan sebesar 90% oleh respon praktisi/guru. 95,55% oleh siswa dalam uji perorangan, dan 93,05% oleh siswa dalam uji kelompok kecil. (4) memperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan besar signifikan lebih kecil dari 0,05 atau sig.(2- tailed)<0,05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima dari hal tersebut, media pembelajaran Fun Thinkers Book efektif meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas III SD Negeri 1 Penarukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPAS, Fun Thinkers Book, Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Yuli |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:27 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |