Andari, Ni Wayan Pitri (2025) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA TOPIK BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031177-COVER.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031177-ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031177-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031177-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031177-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031177-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031177-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031177-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031177-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada topik bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil uji validitas komik digital berbasis Problem Based Learning oleh para ahli materi dan media memperoleh skor sebesar 3,8 dan 3,8 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji kepraktisan media oleh praktisi memperoleh nilai persentase uji respon praktisi/guru sebesar 90% dan respon siswa dengan rata-rata sebesar 97%, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kepraktisan media sangat baik. Uji efektivitas dilaksanakan pada kelas IV dengan jumlah kelas kontrol 16 siswa dan kelas eksperimen 22 siswa terhadap komik digital berbasis Problem Based Learning, ditemukan terdapat perbedaan yang signifikan melalui uji-t (Idependent Sample T-test) yang memperoleh hasil 0,004 terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa komik digital berbasis Problem Based Learning valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Komik Digital, Problem Based |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Pitri Andari |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 10:48 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 10:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |