Jayanti, Ni Luh Komang Trisna (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERMUATAN MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011021-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011021-ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011021-LAMPIRAN.pdf Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran dan minimnya keterkaitan materi dengan konteks kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) bermuatan masalah kontekstual lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Negara pada tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 309 siswa dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan banyak siswa masing-masing kelas adalah 35 siswa. VII F sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran POGIL bermuatan masalah kontekstual dan kelas VII G sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 5 butir soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah divalidasi oleh pakar. Data dianalisis menggunakan uji-t (independent samples t-test) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa t_hitung=3,916>t_tabel=1,668, sehingga H_0 ditolak. Rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas eksperimen sebesar 80,57, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai post-test sebesar 68,77. Hal ini mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran POGIL bermuatan masalah kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran POGIL bermuatan masalah kontekstual lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POGIL, Masalah Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Komang Trisna Jayanti |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:48 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |