Andrayuga, I Made (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MANIM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011044-COVER.pdf Download (597kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011044-ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011044-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik e-modul berbasis Manim yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi bangun datar pada siswa kelas VII SMP. Pengembangan e-modul berbasis Manim menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Uji validitas materi dan media dilakukan menggunakan angket penilaian LORI, uji kepraktisan dilakukan menggunakan angket UEQ (User Experience Questionnaire), dan uji keefektifan dilakukan dengan melaksanakan pre-test dan post-test. Adapun karakteristik e-modul yang telah dikembangkan adalah e-modul ini memuat materi yang menjelaskan konsep-konsep bangun datar pada mata pelajaran matematika kelas VII. Selain itu, e-modul ini memuat contoh-contoh soal, uji kompetensi, fakta-fakta menarik dan animasi yang diprogram menggunakan Manim. Hasil uji validitas materi mendapatkan rata-rata total sebesar 4.42 pada skala 5 dengan kriteria sangat valid. Uji validitas media mendapatkan rata-rata total sebesar 4.86 pada skala 5 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan berdasarkan angket yang diberikan kepada guru dan siswa mendapatkan kriteria “good”. Dari uji keefektifan yang dilakukan, e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan sangat efektif dengan didapatkan nilai N-gain sebesar 0.7.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, pemahaman konsep, bangun datar, Manim |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Made Andrayuga |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:33 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |