PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MANIM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP

Andrayuga, I Made (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MANIM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011044-COVER.pdf

Download (597kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011044-ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011044-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik e-modul berbasis Manim yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi bangun datar pada siswa kelas VII SMP. Pengembangan e-modul berbasis Manim menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Uji validitas materi dan media dilakukan menggunakan angket penilaian LORI, uji kepraktisan dilakukan menggunakan angket UEQ (User Experience Questionnaire), dan uji keefektifan dilakukan dengan melaksanakan pre-test dan post-test. Adapun karakteristik e-modul yang telah dikembangkan adalah e-modul ini memuat materi yang menjelaskan konsep-konsep bangun datar pada mata pelajaran matematika kelas VII. Selain itu, e-modul ini memuat contoh-contoh soal, uji kompetensi, fakta-fakta menarik dan animasi yang diprogram menggunakan Manim. Hasil uji validitas materi mendapatkan rata-rata total sebesar 4.42 pada skala 5 dengan kriteria sangat valid. Uji validitas media mendapatkan rata-rata total sebesar 4.86 pada skala 5 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan berdasarkan angket yang diberikan kepada guru dan siswa mendapatkan kriteria “good”. Dari uji keefektifan yang dilakukan, e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan sangat efektif dengan didapatkan nilai N-gain sebesar 0.7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, pemahaman konsep, bangun datar, Manim
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Made Andrayuga
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:33
Last Modified: 26 Jun 2025 06:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24892

Actions (login required)

View Item View Item