Pundiwanti, Putu Nesya (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011029-COVER.pdf Download (654kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011029-ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011029-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi mampu mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa sehingga diharapkan bisa meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan e-modul sebagai sumber pembelajaran berdiferensiasi pada materi statistika yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang dipakai adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Impelemtation, Evaluation), namun terbatas hingga tahap development dengan bantuan aplikasi Lumi Education. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII A dan dua guru matematika di SMPN Satu Atap 2 Sukasada. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, angket, dan tes pemahaman konsep matematika. Teknik analisis datanya berupa deskriptif kuantitatif. Validitas e-modul dianalisis mempergunakan instrumen LORI (Learning Object Review Instrument) oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa e-modul memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata skor secara berturut-turut 4,90 dan 4,76. Kepraktisan e-modul diuji menggunakan angket kepraktisan yang diberikan kepada guru dan siswa, dengan hasil rata-rata skor masing-masing sebesar 4,75 (guru) dan 4,42 (siswa) yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Efektivitas e-modul dalam meningkatkan pemahaman konsep diuji menggunakan skor N-Gain, dengan hasil sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, e-modul sebagai sumber pembelajaran berdiferensiasi ini valid, praktis dan efektif digunakan dalam menunjang pembelajaran statistika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Pembelajaran Berdiferensiasi, Statistika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Nesya Pundiwanti |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:04 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 07:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |