PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Pundiwanti, Putu Nesya (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011029-COVER.pdf

Download (654kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011029-ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011029-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi mampu mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa sehingga diharapkan bisa meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan e-modul sebagai sumber pembelajaran berdiferensiasi pada materi statistika yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang dipakai adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Impelemtation, Evaluation), namun terbatas hingga tahap development dengan bantuan aplikasi Lumi Education. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII A dan dua guru matematika di SMPN Satu Atap 2 Sukasada. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, angket, dan tes pemahaman konsep matematika. Teknik analisis datanya berupa deskriptif kuantitatif. Validitas e-modul dianalisis mempergunakan instrumen LORI (Learning Object Review Instrument) oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa e-modul memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata skor secara berturut-turut 4,90 dan 4,76. Kepraktisan e-modul diuji menggunakan angket kepraktisan yang diberikan kepada guru dan siswa, dengan hasil rata-rata skor masing-masing sebesar 4,75 (guru) dan 4,42 (siswa) yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Efektivitas e-modul dalam meningkatkan pemahaman konsep diuji menggunakan skor N-Gain, dengan hasil sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, e-modul sebagai sumber pembelajaran berdiferensiasi ini valid, praktis dan efektif digunakan dalam menunjang pembelajaran statistika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Pembelajaran Berdiferensiasi, Statistika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Nesya Pundiwanti
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:04
Last Modified: 26 Jun 2025 07:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24902

Actions (login required)

View Item View Item