Cantona, I Gede Eric (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN TEGALLALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031281-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031281-ABSTRAK.pdf Download (468kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031281-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (496kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031281-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (918kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031281-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031281-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031281-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031281-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031283-LAMPIRAN.pdf Download (44MB) |
Abstract
Hasil belajar IPA sebagian besar siswa yang masih rendah, mendorong perlunya menciptakan proses pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu cara yaitu dengan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media mind mapping. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPA di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan non-equivalent posttest only control group. Adapun jumlah dari populasi dalam penelitian ini 104 siswa dan sampel penelitian berjumlah 40 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar IPA dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan data yang diperoleh thitung = 2,86 > ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk 38 diperoleh nilai ttabel = 2,02. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Dengan demikian model pembelajaran SAVI berbantuan media mind mapping memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Implikasi pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media mind mapping sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran IPA karena dengan menerapkan model pembelajaran SAVI ini membuat siswa belajar dengan menemukan pengalaman-pengalaman baru yang nantinya akan meningkatkan keaktifan, berpikir kritis, serta daya ingat yang semakin berkembang. Sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA yang dimiliki oleh siswa. Kata kunci : SAVI, Mind Mapping, IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, mind mapping, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Eric Cantona |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 01:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 01:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2491 |
Actions (login required)
View Item |