Hapsari, Adinda Tsabita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI KEHIDUPAN SEJARAH PADA MASA KERAJAAN HINDU, BUDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA KELAS IV SDN 18 SESETAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031293-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031293-ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031293-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031293-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031293-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031293-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031293-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031293-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031293-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) pada materi kehidupan sejarah masa Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia untuk siswa kelas IV SD. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman siswa akibat metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistic inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dari hasil uji ahli rancang bangun memperoleh skor 92,05% (Sangat baik) kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh skor 85,71% (Baik), desain pembelajaran diperoleh skor 93,75% (Sangat baik), dan media pembelajaran diperoleh skor 87,5% yang dikategorikan (Baik), uji coba perorangan dan kelompok kecil juga menunjukkan hasil (Baik) dengan skor 84,83% dan 84,77%. Uji efektivitas dengan uji-t diperoleh t-hitung = 6,130 > t-tabel = 2,039 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (df) = 32, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented Reality layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi kehidupan sejarah pada kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: ADDIE, Augmented Reality, IPS, Kehidupan Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Adinda Tsabita Hapsari |
Date Deposited: | 29 Jun 2025 10:57 |
Last Modified: | 29 Jun 2025 10:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |