Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Selemadeg Tahun Pelajaran 2019/2020

Permatasari, Anak Agung (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Selemadeg Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031016-COVER.pdf

Download (433kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031016-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031016-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis pengaruh model PBL berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan teknik tes menggunakan instrumen tes objektif bentuk pilihan ganda yang sebelumnya sudah dianalisis kualitas kelayakannya dengan uji validitas, reabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung= 5,42 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 28 + 28 – 2 = 54 adalah 1,67. Berdasarkan thitung = 5,42 > ttabel = 1,67 maka H0 ditolak. Hasil analisis tersebut membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis uji-t dan rata-rata hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Oleh sebab itu, model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana cocok diterapkan untuk mengatasi hasil belajar IPA yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Tri Hita Karana, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Anak Agung Permatasari
Date Deposited: 27 Jul 2020 10:38
Last Modified: 27 Jul 2020 10:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2501

Actions (login required)

View Item View Item