PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN ANIMASI BERORIENTASI KONTEKSTUAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH SISWA KELAS II SD

Wiswandewi, Ni Ketut (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN ANIMASI BERORIENTASI KONTEKSTUAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH SISWA KELAS II SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031205-COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031205-ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031205-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031205-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2011031205-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031205-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031205-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031205-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031205-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran kartun animasi 2D pada pembelajaran matematika kelas II materi pembelajaran bilangan cacah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yang memiliki validitas isi, kepraktisan, dan efektivitas. Penelitian ini menggunakan Model ADDIE terdiri dari 5 tahap analisis, desain, tahap pengembangan, implementasi dan evaluasi. Objek pada penelitian pengembangan ini yaitu validitas kepraktisan dan efektivitas media kartun animasi 2D. Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah para ahli, siswa dan hasil belajar kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket/kuisioner, studi dokumentasi. Hasil penelitian yang dikembangkan adalah valid, praktis dan cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran, yang dibuktikan dengan hasil review ahli media yaitu 0,96 dengan kualifikasi sangat tinggi. Hasil respons dari uji perorangan memperoleh hasil 95 % dengan kualifikasi sangat tinggi. Hasil uji kelompok kecil memperoleh hasil 95 % dengan kualifikasi sangat tinggi. Hasil uji-t pada hasil belajar siswa memperoleh nilai 24,375 > 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score pada hasil belajar siswa memperoleh hasil yaitu 0,84 yang berada pada kriteria gain score tinggi dan berdasarkan kategori tafsiran efektivitas gain berdasarkan persentase, nilai N-gain score yang diperoleh adalah 83,59% termasuk pada kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan Media pembelajaran kartun animasi 2D efektif digunakan di Sekolah Dasar Kata Kunci: media pembelajaran kartun animasi 2D, hasil belajar, bilangan cacah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran kartun animasi 2D, hasil belajar, bilangan cacah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Wiswandewi
Date Deposited: 02 Jul 2025 05:33
Last Modified: 02 Jul 2025 05:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25031

Actions (login required)

View Item View Item