PERSEPSI DAN STRATEGI PENGUSAHA KENDARAAN BEKAS MENGHADAPI KEBIJAKAN KENAIKAN PPN

Erawan, I Gede Ria (2025) PERSEPSI DAN STRATEGI PENGUSAHA KENDARAAN BEKAS MENGHADAPI KEBIJAKAN KENAIKAN PPN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2117051133-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2117051133-ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2117051133-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2117051133-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2117051133-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2117051133-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2117051133-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2117051133-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2117051133-LAMPIRAN.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan strategi pengusaha kendaraan bekas dalam menghadapi kebijakan kenaikan PPN di showroom Sri Amerta Auto Mobil. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan berfokus pada teknik wawancara mendalam kepada narasumber. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman yang terbatas mengenai kebijakan kenaikan PPN yang dimiliki oleh pengusaha kendaraan bekas. Hal ini mengindikasikan bahwa adanya kesenjangan informasi yang tidak mencakup ke seluruh lapisan masyarakat. Hasil wawancara mengungkapkan adanya kekhawatiran terhadap dampak kebijakan kenaikan PPN pada bisnis mereka, bahwa perubahan fiskal tersebut telah menciptakan tantangan signifikan di pasar kendaraan bekas. Kebijakan kenaikan tarif PPN untuk barang mewah telah menyediakan perspektif baru dalam memahami bagaimana kebijakan perpajakan tidak hanya berdampak pada pasar primer, namun juga menciptakan efek berantai yang substansial pada pasar sekunder. Menghadapi tantangan dinamika pasar tersebut, perusahaan telah mengembangkan beberapa strategi adaptasi, meliputi: (1) melakukan penyesuaian harga, (2) menawarkan opsi pembiayaan alternatif, (3) memberikan garansi kendaraan, dan (4) mengutamakan penjualan kendaraan yang cepat laku (fast moving). Penelitian ini menghadirkan implikasi yang substansial bagi pengusaha mobil bekas dalam mengoptimalkan strategi bisnis mereka menghadapi perubahan kebijakan fiskal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi pengusaha, strategi pengusaha, kendaraan bekas, kebijakan PPN
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1)
Depositing User: I Gede Ria Erawan
Date Deposited: 04 Jul 2025 00:25
Last Modified: 04 Jul 2025 00:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25101

Actions (login required)

View Item View Item