COMMUNICATION STRATEGIES BY ENGLISH LECTURERS AND CLASS COORDINATORS IN WHATSAPP MESSAGES: AN ANALYSIS OF HOFSTEDE'S CULTURAL DIMENSIONS

Mahardika, Kadek (2025) COMMUNICATION STRATEGIES BY ENGLISH LECTURERS AND CLASS COORDINATORS IN WHATSAPP MESSAGES: AN ANALYSIS OF HOFSTEDE'S CULTURAL DIMENSIONS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan strategi komunikasi yang digunakan oleh dosen bahasa Inggris dan koordinator kelas dalam pesan WhatsApp dan mendeskripsikan bagaimana koordinator kelas menanggapi strategi komunikasi dosen bahasa Inggris dalam konteks dimensi budaya Hofstede. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen, khususnya tangkapan layar percakapan Dosen Bahasa Inggris dan Koordinator Kelas dengan mahasiswa dari tahun akademik 2022/2023, 2023/2024, dan 2024/2025. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan enam langkah: (1) Organisasi dan persiapan data, (2) Pembacaan awal data, (3) Pengkodean data, (4) Pengembangan tema dan kategori, (5) Analisis rinci dan representasi, (6) Interpretasi temuan. Hasil analisis dimensi budaya Hofstede terhadap strategi komunikasi yang digunakan oleh dosen bahasa Inggris dan koordinator kelas dalam pesan WhatsApp menunjukkan bahwa dosen bahasa Inggris cenderung merespons pesan secara santai dan singkat, sedangkan koordinator kelas menggunakan bahasa yang sopan dan formal dalam pesan mereka. Selain itu, berdasarkan tanggapan koordinator kelas terhadap strategi komunikasi dosen bahasa Inggris, koordinator kelas merespon dengan baik dan mengikuti instruksi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Dimensi budaya, WhatsApp, Dosen bahasa Inggris, Koordinator kelas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Mahardika
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:39
Last Modified: 07 Jul 2025 03:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25245

Actions (login required)

View Item View Item