Mahardika, Kadek (2025) COMMUNICATION STRATEGIES BY ENGLISH LECTURERS AND CLASS COORDINATORS IN WHATSAPP MESSAGES: AN ANALYSIS OF HOFSTEDE'S CULTURAL DIMENSIONS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (320kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan strategi komunikasi yang digunakan oleh dosen bahasa Inggris dan koordinator kelas dalam pesan WhatsApp dan mendeskripsikan bagaimana koordinator kelas menanggapi strategi komunikasi dosen bahasa Inggris dalam konteks dimensi budaya Hofstede. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen, khususnya tangkapan layar percakapan Dosen Bahasa Inggris dan Koordinator Kelas dengan mahasiswa dari tahun akademik 2022/2023, 2023/2024, dan 2024/2025. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan enam langkah: (1) Organisasi dan persiapan data, (2) Pembacaan awal data, (3) Pengkodean data, (4) Pengembangan tema dan kategori, (5) Analisis rinci dan representasi, (6) Interpretasi temuan. Hasil analisis dimensi budaya Hofstede terhadap strategi komunikasi yang digunakan oleh dosen bahasa Inggris dan koordinator kelas dalam pesan WhatsApp menunjukkan bahwa dosen bahasa Inggris cenderung merespons pesan secara santai dan singkat, sedangkan koordinator kelas menggunakan bahasa yang sopan dan formal dalam pesan mereka. Selain itu, berdasarkan tanggapan koordinator kelas terhadap strategi komunikasi dosen bahasa Inggris, koordinator kelas merespon dengan baik dan mengikuti instruksi yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, Dimensi budaya, WhatsApp, Dosen bahasa Inggris, Koordinator kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Mahardika |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:39 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |