Purnayasa, I Wayan (2025) Analisis Pengaruh Variasi Panjang Header Exhaust Terhadap Performa Kendaraan Dengan Transmisi Manual. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR RUJUKAN)
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penurunan performa sepeda motor dengan transmisi manual yang telah berusia lebih dari 20 tahun sering terjadi, khususnya pada daerah pedesaan dan pegunungan yang medannya berat. Ada beberapa upaya dalam mengembalikan performa tersebut salah satunya adalah dengan memodifikasi sistem pembuangan (exhaust), khususnya pada bagian header. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perubahan panjang header exhaust mempengaruhi torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Supra X 100 cc. Penelitian ini menggunakan dynotest dan alat lainnya, tiga variasi panjang header yang digunakan yaitu 30 cm, 45 cm, dan 60 cm, digunakan dalam studi eksperimen kuantitatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa header dengan panjang 30 cm menghasilkan rata-rata torsi tertinggi sebesar 10,24 N.m pada 3000 rpm. Untuk daya tertinggi dicapai oleh header standar (45 cm) dengan rata-rata 4,97 HP pada 4000 rpm. Sedangkan konsumsi bahan bakar paling efisien diperoleh pada header 60 cm yaitu 0,2553 kg/jam pada 3000 rpm. Kesimpulannya, variasi panjang header exhaust memiliki pengaruh terhadap performa kendaraan, dan pemilihannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan; torsi tinggi untuk medan berat, daya maksimal untuk kecepatan tinggi, dan konsumsi efisien untuk penggunaan harian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: header exhaust, daya, torsi, konsumsi bahan bakar, motor, dan transmisi manual |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | I WAYAN PURNAYASA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:37 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 04:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |