Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Masalah Mata Pelajaran Matematika Materi Pengumpulan dan Pengolahan Data Kelas V SD Negeri 11 Padangsambian

Nugraha, I Made Rizky Dharma (2025) Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Masalah Mata Pelajaran Matematika Materi Pengumpulan dan Pengolahan Data Kelas V SD Negeri 11 Padangsambian. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031139-COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031139-ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2111031139-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2111031139-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2111031139-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031139-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2111031139-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
2111031139-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031139-LAMPIRAN.pdf

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media komik digital berbasis masalah mata pelajaran Matematika materi pengumpulan dan pengolahan data kelas V, (2) mengetahui kelayakan media komik digital berbasis masalah mata pelajaran Matematika materi pengumpulan dan pengolahan data kelas V, dan (3) mengetahui efektivitas media komik digital berbasis masalah mata pelajaran Matematika materi pengumpulan dan pengolahan data kelas V menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa media komik digital berbasis masalah mata pelajaran Matematika materi pengumpulan dan pengolahan data kelas V yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dibuktikan dari: kelayakan media berdasarkan hasil uji ahli materi pembelajaran diperoleh skor 93,33% (sangat baik), ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran diperoleh skor 91,66% (sangat baik), uji perorangan diperoleh skor 93,69% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh skor 89,32% (baik), serta (3) hasil uji efektivitas dengan uji-t memperoleh t-hitung = 24,474 > t-tabel = 2,040 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 32-1 = 31 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan pretest dan posttestsebelum dan sesudah menggunakan media komik digital. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media media komik digital berbasis masalah layak dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran Matematika khususnya pada materi pengumpulan dan pengolahan data kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Komik Digital, Matematika, Data
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Rizky Dharma Nugraha
Date Deposited: 12 Jul 2025 07:41
Last Modified: 12 Jul 2025 07:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25362

Actions (login required)

View Item View Item