Maharani, Kadek Chandra (2025) IMPROVING SEVENTH-GRADERS’ SPEAKING SKILLS THROUGH DIGITAL STORYTELLING AT SMP BALI DHARMA SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021156-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021156-ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021156-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021156-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021156-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021156-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021156-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021156-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021156-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris sangat penting bagi siswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam komunikasi global, namun masih menjadi tantangan besar, terutama bagi siswa sekolah menengah pertama di Indonesia. Di SMP Bali Dharma School, siswa kelas tujuh menunjukkan performa berbicara yang rendah,dengan rata-rata skor pre-test sebesar 64,8, di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan mengeksplorasi respons mereka terhadap metode Digital Storytelling (DST). Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan model Kurt Lewin, dan dilaksanakan dalam dua siklus bersama sepuluh siswa kelas tujuh. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, post-test, observasi, dan wawancara. DST diterapkan melalui pembuatan cerita digital bersuara menggunakan Canva, dengan fokus pada kegiatan mendongeng kelompok dan individu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada lima aspek utama: pelafalan, tata bahasa, kosakata, kefasihan, dan pemahaman. Nilai post-test menunjukkan peningkatan yang jelas, dan siswa melaporkan motivasi, kepercayaan diri, serta kesenangan yang lebih tinggi saat berbicara. Metode DST mendorong kreativitas, mengurangi kecemasan, dan memberikan kesempatan praktik yang bermakna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa DST merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara, khususnya di kelas-kelas dengan skala kecil di mana interaksi guru dan siswa dapat berlangsung secara intensif. Melihat efektivitasnya, DST memiliki potensi kuat untuk diterapkan lebih luas. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang DST serta integrasinya dengan keterampilan bahasa lainnya dalam konteks pendidikan yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | digital storytelling, kemampuan berbicara, PTK. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Chandra Maharani |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 02:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 02:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |