DESKRIPSI PEMBELAJARAN STEM KELAS AWAL DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BULELENG DITINJAU DARI WILAYAH PEDESAAN DAN PERKOTAAN

Sari, Ni Putu Ayu Eka (2025) DESKRIPSI PEMBELAJARAN STEM KELAS AWAL DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BULELENG DITINJAU DARI WILAYAH PEDESAAN DAN PERKOTAAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031414-COVER.pdf

Download (672kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031414-ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031414-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031414-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031414-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031414-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031414-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031414-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031414-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran STEM di kelas awal sekolah dasar di wilayah Kecamatan Buleleng dengan membandingkan konteks pedesaan dan perkotaan. Pendekatan STEM dinilai penting dalam membekali siswa dengan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kolaborasi. Namun, implementasinya menghadapi berbagai tantangan yang berbeda di tiap wilayah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas awal di dua sekolah dasar yang merepresentasikan wilayah desa dan kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran STEM di wilayah pedesaan masih terfokus pada penguasaan calistung, dengan pendekatan STEM diterapkan secara sederhana dan kontekstual, seperti membuat perahu dari kertas (origami) dan mengujinya di air, serta mencoba menyalakan bohlam kecil menggunakan baterai dan kabel. Sementara itu, di wilayah perkotaan, implementasi STEM lebih bervariasi dan eksploratif, meliputi kegiatan proyek seperti membuat pesawat kertas, alat penyaring air, hingga ecobrick. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan STEM mencakup ketersediaan fasilitas pembelajaran, beban kerja guru, dan pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini memberikan gambaran komprehensif mengenai penerapan pembelajaran STEM dan hambatannya, sebagai dasar pengembangan strategi pendidikan yang lebih adaptif dan merata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: STEM, sekolah dasar, wilayah desa, wilayah kota, pembelajaran inovatif.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Ayu Eka Sari
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:55
Last Modified: 10 Jul 2025 03:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25402

Actions (login required)

View Item View Item