Winarsa, Ni Made Karina Putri (2025) THE INVESTIGATION OF TEACHERS’ AND STUDENTS’ ATTITUDES AND ENJOYMENT TOWARDS CHATGPT FOR ENGLISH LANGUAGE LEARNING: A MIXED-METHODS STUDY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021214-COVER.pdf Download (897kB) |
![]() |
Text
2112021214-ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021214-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021214-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021214-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021214-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021214-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021214-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021214-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian sebelumnya mengenai penggunaan ChatGPT menunjukkan adanya sikap positif dan negatif dari guru dan siswa, sehingga memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Sebagian besar studi berfokus pada tingkat universitas, sedangkan penelitian di lingkungan sekolah menengah, terutama mengeksplorasi kenyamanan sebagai faktor yang memengaruhi sikap, masih terbatas. Penelitian ini menyelidiki sikap dan kenyamanan guru serta siswa terhadap ChatGPT dalam pembelajaran bahasa Inggris, menggunakan desain metode campuran sekuensial eksplanatif. Sebanyak 8 guru dan 311 siswa dari salah satu SMA di Singaraja berpartisipasi melalui survei dan wawancara, menggunakan instrumen PATT-SQ dan FLES yang telah diadaptasi. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rata-rata ideal dan didukung dengan skor modus, sementara itu, data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil menunjukkan sikap yang umumnya positif, dengan tingkat minat tinggi dan kebosanan rendah pada guru, serta sikap lebih netral pada siswa. Wawancara mengungkapkan kontribusi ChatGPT terhadap kesejahteraan emosional, keterlibatan, dan pengurangan stres akademik, meskipun terdapat kekhawatiran akan perilaku negatif dan ketergantungan. Penelitian ini membantu guru dan siswa memahami sikap yang dibutuhkan, serta mendorong studi lanjut di konteks tempat yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, sikap guru, sikap siswa, kenyamanan, pembelajaran Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Made Karina Putri Winarsa |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 00:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 00:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |