Saharani, Komang Putri (2025) PENGEMBANGAN BUKU SATUA BALI PADA KONTEN IPA SD BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (BISARA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031226-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031226-ABSTRAK.pdf Download (634kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031226-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031226-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031226-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031226-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031226-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031226-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (564kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031226-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan media berupa buku penunjang pelajaran IPA mengintegrasikan Satua Bali dengan Augmented Reality (AR) yang bernama BISARA, mengetahui kevalidan serta kepraktisan buku sebagai media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan rating scale untuk uji validitas produk BISARA, angket untuk uji kepraktisan produk BISARA yang dilakukan oleh guru dan siswa, dan studi dokumen. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini memperoleh hasil validitas media dari 3 ahli sebesar 0,942 dengan kategori sangat valid. Hasil presentase kepraktisan oleh guru memperoleh skor sebesar 100% dengan kategori sangat praktis dan presentase kepraktisan siswa memperoleh skor 87,8% dan tergolong sangat praktis. Hasil validitas dan kepraktisan tersebut menyatakan bahwa buku Satua Bali AR IPA valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: IPA, Satua Bali, Augmented Reality |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Putri Saharani |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 23:42 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 23:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |