PUTRA YASA, I WAYAN (2025) ETNOPEDAGOGI NGUSABA DIMEL DI DESA ADAT SELAT, KARANGASEM, BALI SEBAGAI MODEL PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN IPS SMP. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2239011012-COVER.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2239011012-ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239011012-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2239011012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2239011012-LAMPIRAN.pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara holistik etnopedagogi Ngusaba Dimel di Desa Adat Selat, Karangasem, Bali sebagai model penerapan Profil Pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPS SMP. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif dengan model etnografi kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan pelaksanaan tradisi Ngusaba Dimel di Desa Adat Selat disebabkan oleh rasa syukur, pelestarian budaya, penguatan praktik hegemoni, dan sebagai ruang penyaluran gaya hidup. Pelaksanaan tradisi Ngusaba Dimel mengikuti pola siklus tahunan yang dimulai dari Aci Ngepitu, Aci Nyaga Nyungsung, Aci Nguit Toya, Medugul- Meboros-Nagingin Pulu, Aci Petabuhan, Ngusaba Dimel, dan ditutup dengan Aci Kesanga. Nilai karakter Profil Pelajar Pancasila yakni beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri. Model etnopedagogi pada Ngusaba Dimel berupa pembiasaan di catur pusat pendidikan yaitu di keluarga, sekolah, masyarakat, dan media. Ngusaba Dimel dapat dijadikan materi IPS pada materi yang berhubungan Keanekaragaman Sosial Budaya Indonesia, serta materi projek P5 pada tema kearifan lokal dan kewirausahaan
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etnopedagogi, ngusaba dimel, nilai, model, sumber belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I Wayan Putra Yasa |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 14:56 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 14:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |