Adi Nama, Ida Bagus Putu (2025) ARCA PERWUJUDAN DI PURA PUSEH PENATARAN DESA ADAT KABETAN, GIANYAR (KAJIAN TENTANG SEJARAH, FUNGSI DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2214021001_COVER.pdf Download (816kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2214021001_ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2214021001_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2214021001_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2214021001_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2214021001_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 KESIMPULAN)
2214021001_BAB 5 KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2214021001_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2214021001_LAMPIRAN.pdf Download (449kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sejarah keberadaan arca perwujudan di Pura Puseh Penataran, Desa Adat kabetan, Bakbakan, Gianyar, (2) Untuk mengkaji bagaimana fungsi dan makna arca perwujudan di Pura Puseh Penataran, Desa Adat Kabetan, Bakbakan, Gianyar dalam konteks masyarakat modern, (3) Untuk implementasikan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan arca perwujudan di Pura Puseh Penataran sebagai sumber belajar di SMK. Dalam penelitian ini, data di kumpulkan dengan menggunakan metode kualitatif dengan tahap – tahap; (1) Teknik penentuan lokasi penelitia, (2) Teknik penentuan informan, (3) Teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, studi document), (4) teknik penjamin keaslian data (triangulasi data, triangulasi metode) dan Teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Arca perwujudan di Pura Puseh Penataran mencerminkan perkembangan budaya religius di Bali sejak abad ke-13 hingga ke-14 Masehi. (2) Arca perwujudan ini berfungsi dalam ritual keagamaan, simbol budaya, media edukasi, dan kajian akademik, dengan makna yang berkembang sebagai warisan budaya. (3) Implementasi pembelajaran sejarah Fase E melalui Project-Based Learning (PJBL) meningkatkan pemahaman sejarah, berpikir kritis, serta apresiasi terhadap warisan budaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | arca perwujudan, fungsi dan implementasinya |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Ida Bagus Putu Adi Nama |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |