Pradnyadari, Ni Made Meita (2025) THE EFFECT OF IMPLEMENTING LIVEWORKSHEETS IN TEACHING BASIC ENGLISH LITERACY FOR TENTH-GRADE STUDENTS OF SMAN 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021066-COVER.pdf Download (735kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021066-ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021066-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021066-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021066-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki dampak penerapan Liveworksheets dalam mengajarkan literasi dasar Bahasa Inggris kepada siswa kelas sepuluh di SMAN 4 Singaraja. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan Liveworksheets, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan literasi dasar Bahasa Inggris siswa. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas sepuluh di SMAN 4 Singaraja, dan sebanyak 70 sampel dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling. Penelitian quasi-eksperimental ini menggunakan desain post-test-only control group untuk menentukan apakah terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam keterampilan literasi dasar Bahasa Inggris. Analisis statistik deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata 89,43, sedangkan kelompok kontrol 74,49. Nilai signifikansi yang diperoleh (p < 0,05) menegaskan dampak positif Liveworksheets terhadap keterampilan literasi dasar Bahasa Inggris siswa. Selain itu, perhitungan ukuran efek menunjukkan dampak praktis yang signifikan. Temuan ini menyarankan bahwa integrasi media digital seperti Liveworksheets dalam praktik pengajaran dapat secara signifikan meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman teoretis mengenai media digital dalam pendidikan serta menawarkan wawasan praktis bagi para pendidik yang mencari alat pengajaran inovatif untuk meningkatkan pendidikan literasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Liveworksheets, Integrasi Teknologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Made Meita Pradnyadari |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:54 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |