Parwati, Kadek Rahyu Denis (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031122-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031122-ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDHAULUAN)
2111031122-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031122-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111031122-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031122-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031122-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031122-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031122-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui rancang bangun media, (2) mengukur validitas media Flipbook berbantuan Augmented Reality, (3) mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran, dan (4) menguji efektivitas media terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data mencakup validasi ahli, angket respons guru dan siswa, serta tes pemahaman konsep sebelum dan sesudah penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh nilai validitas sangat baik dari ahli materi sebesar 4,83 dan ahli media sebesar 4,9. Kepraktisan media juga dinilai sangat baik berdasarkan respons guru dengan memperoleh hasil sebesar 93% dan siswa sebesar 93,82%. Uji efektivitas melalui uji-t menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman konsep siswa setelah penggunaan media. Dengan demikian, media pembelajaran flipbook berbantuan Augmented Reality dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS di kelas V Sekolah Dasar, serta memberikan kontribusi terhadap integritas teknologi dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipbook, Augmented Reality, IPAS, Rantai Makanan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Rahyu Denis Parwati |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 07:37 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 07:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |