Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Parwati, Kadek Rahyu Denis (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031122-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031122-ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB 1 PENDHAULUAN)
2111031122-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031122-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111031122-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031122-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031122-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031122-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031122-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui rancang bangun media, (2) mengukur validitas media Flipbook berbantuan Augmented Reality, (3) mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran, dan (4) menguji efektivitas media terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data mencakup validasi ahli, angket respons guru dan siswa, serta tes pemahaman konsep sebelum dan sesudah penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh nilai validitas sangat baik dari ahli materi sebesar 4,83 dan ahli media sebesar 4,9. Kepraktisan media juga dinilai sangat baik berdasarkan respons guru dengan memperoleh hasil sebesar 93% dan siswa sebesar 93,82%. Uji efektivitas melalui uji-t menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman konsep siswa setelah penggunaan media. Dengan demikian, media pembelajaran flipbook berbantuan Augmented Reality dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS di kelas V Sekolah Dasar, serta memberikan kontribusi terhadap integritas teknologi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flipbook, Augmented Reality, IPAS, Rantai Makanan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Rahyu Denis Parwati
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:37
Last Modified: 11 Jul 2025 07:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25473

Actions (login required)

View Item View Item