Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Sosiologi Di SMAS Karya Wisata Singaraja

Maulana, Moh. Ainul Yakin (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Sosiologi Di SMAS Karya Wisata Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114091025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114091025-ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114091025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114091025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114091025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114091025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114091025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114091025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114091025-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi di SMAS Karya Wisata Singaraja, faktor-faktor diterapkannya kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi, analisis SWOT pembelajaran sosiologi menggunakan kurikulum merdeka dan hal-hal yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran sosiologi untuk pariwisata. Kurikulum merdeka sendiri memberikan kemudahan bagi proses pembelajaran bagi guru dan siswa. Melalui kurikulum merdeka siswa diberikan fleksibelitas dalam mencari materi sesuai dengan kebutuhan serta mengembangkan minat dan bakat. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif studi kasus, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi di SMAS Karya Wisata Singaraja disebabkan adanya faktor pemerintah dan sekolah sehingga kurikulum merdeka diterapkan, selain itu juga ditemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman melalui analisis SWOT pada pembelajaran sosiologi seperti, SDM, fasilitas, guru, kesiapan dan sebagainya. Akibatnya penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi masih kurang maksimal, sehingga proses pembelajaran tidak berjalan baik. Kesimpulan penelitian adalah pemenuhan fasilitas, SDM, kesiapan guru/komptensi pada pembelajran sosiologi menggunakan kurikulum merdeka di SMAS Karya Wisata Singaraja menjadi kunci utama keberhasilan penerapan kurikulum merdeka. Melalui guru sosiologi tenaga pendidik dapat memanfaatkan fleksibelitas, minat dan bakat peserta didik untuk mengembangkan metode belajar yang inovatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum merdeka, Pembelajaran sosiologi, faktor-faktor dan Analisis SWOT, SMAS Karya Wisata Singaraja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Moh. Ainul Yakin Maulana
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:31
Last Modified: 14 Jul 2025 02:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25486

Actions (login required)

View Item View Item