Aulia, Fitri (2025) Studi Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Tantangan Berdiferensiasi dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113031010-COVER.pdf Download (880kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113031010-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2113031010-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2113031010-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2113031010-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2113031010-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2113031010-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113031010-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan penguasaan konsep kimia, keterampilan berpikir kritis, gabungan keduanya secara simultan serta pendapat siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis tantangan berdiferensiasi dan model pembelajaran berbasis masalah, baik secara parsial dan simultan. Jenis dan rancangan penelitian berupa quasi esperiment dan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt. Sampel penelitian terdiri atas empat kelas, yaitu XI 1, XI 2, XI 3, dan XI 4 dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Kelompok eksperimen dan kontrol ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui metode tes dan non-tes. Tes diperoleh dari hasil penguasaan konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis, sedangkan non-tes berupa kuesioner yang menilai pendapat siswa terhadap pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial mencakup uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan statistika Multivariate Analysis of Covariance (Mancova) dengan bantuan SPSS versi 25 dan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis tantangan berdiferensiasi dan model pembelajaran berbasis masalah, baik secara parsial dan simultan. Selain itu, terdapat perbedaan signifikan dalam pendapat siswa terhadap kedua model pembelajaran tersebut. Kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang lebih tinggi dalam penguasaan konsep kimia, keterampilan berpikir kritis, dan pendapat siswa dengan skor rata-rata masing-masing sebesar 83,01; 85,5; dan 80,73. Sebaliknya, kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata sebesar 74,38; 73,54; dan 74,20. Penelitian ini berkontribusi dalam membantu guru memilih model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan penguasaan konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model berbasis tantangan, diferensiasi, penguasaan konsep kimia, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Fitri Aulia |
Date Deposited: | 12 Jul 2025 06:20 |
Last Modified: | 12 Jul 2025 06:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |