PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS GAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PELAJARAN IPAS EKOSISTEM YANG HARMONIS SDN 7 DALUNG

Putra, I Ketut Agus Aditya (2025) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS GAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PELAJARAN IPAS EKOSISTEM YANG HARMONIS SDN 7 DALUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031328-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031328-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031328-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (589kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031328-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031328-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031328-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031328-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031328-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031328-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media powerpoint pembelajaran berbasis games merupakan media pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan sentuhan games. Dengan memanfaatkan aspek hiburan dan kompetisi, games membuat proses belajar lebih menarik dan interaktif, meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, serta memfasilitasi pemahaman dan retensi informasi dengan cara yang menyenangkan guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi ekosistem yang harmonis muatan IPAS, (2) mengetahui validitas isi media powerpoint pembelajaran berbasis games guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi ekosistem yang harmonis muatan IPAS, (3) mengetahui kepraktisan media powerpoint pembelajaran berbasis games muatan IPAS guna mengetahuin apakah media powerpoint pembelajaran berbasis games ini praktis atau layak di terpkan di SD, dan (4) mengetahui efektivitas media powerpoint pembelajaran berbasis games muatan IPAS guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi ekosistem yang harmonis. Media ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa (1) hasil uji rancang bangun powerpoint pembelajaran berbasis games memperoleh skor 93,18%. dengan kreteria sangat baik, (2) hasil validitas media powerpoint pembelajaran berbasis games menunjukkan hasil uji isi/materi, desain dan media memperoleh kreteria validitas sangat tinggi. Dengan demikian, powerpoint pembelajaran berbasis games yang dikembangkan valid dan layak sebagai sumber belajar, (3) berdasarkan hasil uji kepraktisan dengan praktisi dan juga uji perorangan dan kelompok kecil, media powerpoint pembelajaran berbasis games ini dikatakan praktis dengan memperoleh kategori sangat praktis, (4) hasil uji efektivitas media powerpoint pembelajaran berbasis games diperoleh thitung sebesar 23,867. Nilai thitung tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan diketahui dk = n-1=29-1=28 adalah sebesar 1,701. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (23,867 > 1,701), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media powerpoint pembelajaran berbasis games. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media powerpoint pembelajaran berbasis games pada muatan IPAS materi ekosistem yang harmonis ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 7 Dalung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: ADDIE, Powerpoint Pembelajaran, Games, Hasil Belajar, IPAS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: i ketut agus aditya putra
Date Deposited: 12 Jul 2025 01:03
Last Modified: 12 Jul 2025 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25496

Actions (login required)

View Item View Item