Puspitayoni, Ni Kadek Meta (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS AKTIVITAS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PELUANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011065-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011065-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011065-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011065-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011065-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Proses pembelajaran masih membutuhkan perbaikan khususnya dalam perangkat pembelajaran dalam menunjang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa saat ini masih belum optimal. Penyebabnya adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam aktivitas pembelajaran yang menantang dan bermakna, serta minimnya penggunaan bahan ajar yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitis dalam menyelesaikan permasalahan. Maka, diperlukan pengembangan bahan ajar berupa e-modul berbasis aktivitas pemecahan masalah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menciptakan e-modul yang menunjang upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekaligus membelajarkan materi peluang berbasis aktivitas pemecahan masalah. Format e-modul dikemas dalam bentuk flipbook berbantuan flip pdf corporate edition, yang didalamnya terdapat berbagai aktivitas pembelajaran dengan berbasis pada aktivitas pemecahan masalah. Pengembangan e-modul pada penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun penelitian ini terbatas hanya sampai pada tahap development dan evaluasi formatif untuk setiap tahapan. Proses tahap pengembangan e-modul dilakukan uji validitas materi dan media dengan angket penilaian LORI, uji kepraktisan dengan angket Likert, serta uji efektivitas dilakukan terhadap pemecahan masalah yang dianalisis menggunakan N-Gain dan KKTP. Hasil uji kevalidan oleh ahli materi dan ahli media dengan rata-rata skor masing-masing memperoleh persentase kevalidan sebesar 93,75% dan 96,5% dengan kategori sangat baik. Kepraktisan e-modul mendapat persentase kepraktisan sebesar 79% dengan kategori praktis. Hasil uji efektivitas diperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan persentase ketuntasan 81% dengan kategori tuntas dari 32 peserta didik, sebanyak 26 berhasil mencapai tingkat ketuntasan (>65%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Aktivitas Pemecahan Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI KADEK META PUSPITAYONI |
Date Deposited: | 12 Jul 2025 02:10 |
Last Modified: | 12 Jul 2025 02:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |