PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TANTANGAN BERDIFERENSIASI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

Br Lumban Raja, Natalia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TANTANGAN BERDIFERENSIASI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113031015-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113031015-ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113031015-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan penguasaan konsep kimia dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis tantangan berdiferensiasi dan model pembelajaran berbasis masalah, baik secara parsial dan simultan. Jenis dan rancangan penelitian berupa quasi experiment dan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt, Bali. Sampel penelitian terdiri atas empat kelas, yaitu XI 1, XI 2, XI 3, dan XI 4 dengan setiap kelas terdiri dari 36 siswa. Kelompok eksperimen dan kontrol ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui metode tes dan non-tes. Tes diperoleh dari hasil penguasaan konsep kimia dan keterampilan berpikir kreatif, sedangkan kuesioner menilai pendapat siswa terhadap pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial mencakup uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan statistika Multivariate Analysis of Covariance (Mancova) dengan bantuan SPSS versi 25 dan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasan konsep kimia dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis tantangan berdiferensiasi dan model pembelajaran berbasis masalah, baik secara parsial dan simultan. Selain itu, terdapat perbedaan signifikan dalam pendapat siswa terhadap kedua model pembelajaran tersebut. Kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang lebih tinggi dalam penguasaan konsep kimia, keterampilan berpikir kreatif, dan pendapat siswa dengan skor rata-rata masing- masing sebesar 83,85; 86,15; dan 82,25. Sementara itu, kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata sebesar 70,62; 75,67; dan 74,75. Kontribusi penelitian ini dapat membantu guru dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan penguasaan konsep kimia dan keterampilan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model berbasis tantangan, diferensiasi, penguasaan konsep kimia, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Natalia Br Lumban Raja
Date Deposited: 13 Jul 2025 10:23
Last Modified: 13 Jul 2025 10:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25515

Actions (login required)

View Item View Item